Senin, 07 November 2011

SEJARAH CREDIT UNION (C.U.) DI KALIMANTAN


Sebagai upaya untuk memperluas gerakan Credit Union di Kalimantan Barat, pada tahun 1975, Badan Koordinasi Koperasi Kredit Indonesia menyelenggarakan kursus dasar Credit Union di Nyarumkop dan di Sanggau. Pada tanggal 2 Februari 1976, lahirlah Credit Union Lantang Tipo di Pusat Damai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Kemudian Credit Union juga berdiri di Batang Tarang dan Kuala Dua, Kabupaten Sanggau. Namun gerakan Credit Union di Kalimantan sempat terhenti sekitar sepuluh (10) tahun sejak 1975 hingga tahun 1985.

Pada tahun 1985, BK3I bekerjasama dengan Biro Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Agung Pontianak yang dipimpin Bapak Pius Alfred bin Simin menyelenggarakan kursus dasar Credit Union di Pontianak, sehingga melahirkan Credit Union Khatulistiwa Bakti pada 12 Mei 1985 yang ditujukan sebagai Credit Union Laboratorium, yaitu sebagai Credit Union tempat belajar. Kemudian pada tanggal 28 Mei 1987, didirikan lagi Credit Union Pancur Kasih dengan basis anggota adalah para guru SMP da SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak beserta pegawai Yayasan Karya Sosial Pancur Kasih Pontianak. Gerakan Credit Union kemudian menyebar di Kalimantan Barat dengan berdirinya Credit Union Sehaq pada 1 Oktober 1988 di Pahauman, Kabupaten Landak (sebelum pemekaran masih Kab. Pontianak), Credit Union Bina Masyarakat (BIMA), Credit Union Mekar Melati namun sudah bubar dan Credit Union Karya Sosial juga sudah bubar.

Semakin bertumbuhnya Credit Union primer mendorong berdirinya Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah Kalimantan Barat (BK3D Kalbar) pada tanggal 27 November 1988 dengan syarat minimal memiliki 5 buah Credit Union primer. BK3D Kalbar menjadi wadah koordinasi Credit Union yang berdiri di Kalimantan Barat. Pengurus periode pertama BK3D Kalbar adalah Anselmus Robertus Mecer sebagai Ketua, Pius Alfred bin Simim sebagai Wakil Ketua, Paulus Florus sebagai Sekretaris, dan Frans Laten sebagai Bendahara.

Sejak berdiri hingga tahun 1996, BK3D Kalbar terus melakukan pengenalan dan pengembangan Credit Union ke berbagai Kabupaten di Kalbar seperti Kabupaten Pontianak (dan Kabupaten Landak – hasil pemekaran), Kabupaten Sanggau (dan Kabupaten Sekadau – hasil pemekaran), Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang ( dan Kabupaten Melawi – hasil pemekaran) dan Kabupaten Kapuas Hulu. Sukses mengembangkan Credit Union di Kalbar, pada tahun 1999, BK3D Kalbar kemudian memperkenalkan dan mengembangkan Credit Union di provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Pada 1 Maret 1999, berdiri Credit Union Sumber Rejeki di Ampah, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. 1 Juli 1999 berdiri Credit Union Sempekat Ningkah Olo di Jengan Danum, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Sedangkan di Kalimantan Selatan pada tanggal 5 November 2002 berdiri Credit Union Bintang Karantika Meratus.

BK3D Kalbar semakin terkenal dengan berdiri dan berkembangnya Credit Union di seluruh wilayah Kalimantan. Karena wilayah pelayanan yang semakin luas, meliputi 4 provinsi di pulau Kalimantan, maka pada tanggal 11 Februari 2003, BK3D Kalbar berubah menjadi Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah Kalimantan (BK3DK). Perubahan ini disahkan pada Rapat Anggota Tahunan BK3D Kalbar tahun buku 2002 yang dilaksanakan di Sekadau, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

Suksesnya gerakan Credit Union di Kalimantan menjadi sebuah model yang banyak diadobsi oleh gerakan Credit Union di luar pulau Kalimantan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya permintaan kepada BK3DK untuk memfasilitasi pendirian dan pengembangan gerakan Credit Union di wilayah Papua, Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Jogjakarta, Jawa, Sulawesi dan Sumatera Utara.

Pada tanggal 2 – 5 Juli 2008, digelar Lokakarya Pengembangan Sistem / Tata Kelola Credit Union Kalimantan di Hotel Merpati, Pontianak, dihadiri oleh 39 orang peserta perwakilan Credit Union anggota BK3DK dari unsur pengurus, pengawas dan manajemen BK3DK serta pengurus Credit Union primer anggota BK3DK. Dalam lokakarya tersebut dibahas tentang Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART), Kode Etik dan Kebijakan BK3DK. Nama BK3DK kembali berubah pada tanggal 5 Juli 2008 menjadi Badan Koordinasi Credit Union Kalimantan (BKCUK).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops